Deretan Prestasi Pasukan Elit Indonesia, KOPASSUS


Deretan Prestasi Pasukan Elit Indonesia, KOPASSUS | Pasukan elit kita, Kopassus baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-61, Selasa 16 April 2013 kemarin. Di tengah sorotan tajam terhadap keberadaannya menyusul insiden yang terjadi di  Lembaga Pemasyarakatan Cebongan oleh 11 oknum Kopassus, ternyata tak  sedikit  elemen masyarakat yang memberikan dukungan pada korps baret merah itu. Di Jogja sendiri yang menjadi tempat kejadian, di berbagai sudut jalan terpampang spanduk dukungan terhadap Kopassus. 

Deretan Prestasi Pasukan Elit Indonesia, KOPASSUS

“Sebagai salah satu pilar bangsa dan negara, rakyat Indonesia patut bangga memiliki salah satu pasukan elit militer terpandang di dunia. Kopassus lahir dari rakyat dan bagian dari rakyat. Oleh karena itu Kopassus milik seluruh rakyat Indonesia,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.

Fadli Zon mengatakan, Kopassus merupakan salah satu garda terdepan penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kopassus mencatatkan pengabdian dalam menjaga keutuhan NKRI sejak berdirinya, termasuk dalam mengatasi pemberontakan dan kemelut bangsa,” ujarnya.

Untuk mengingatkan saja, berikut deretan prestasi Kopassus seperti dipaparkan oleh Fadli Zon:

1. Membebaskan para peneliti Ekspedisi Lorentz ’95 yang disandera Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Mapenduma, Papua, tahun 1996. Operasi ini dipimpin oleh Komandan Jenderal Kopassus Prabowo Subianto. Sayangnya 2 dari 11 sandera telah ditemukan tewas.

2. Membebaskan penumpang pesawat Garuda Indonesia yang disandera lima orang teroris “Komando Jihad” pada tahun 1981. Pembajakan pesawat Garuda ini dikenal dengan Peristiwa Woyla. Dalam penerbangan rute Jakarta-Palembang-Medan itu, lima teroris menyamar sebagai penumpang. Pembajakan pesawat ini berlangsung selama empat hari di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand, dan berakhir dengan serbuan Grup 1 Kopassus yang dipimpin Letnan Kolonel Infantri Sintong Panjaitan. Pilot pesawat Kapten Herman Rante dan salah satu anggota Kopassus, tewas dalam baku tembak pembebasan sandera.

3. Kopassus berhasil menjejakkan kaki di puncak tertinggi Everest pada tahun 1997. Indonesia pun menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menginjak puncak tertinggi Everest. Untuk pertama kalinya juga, bendera Merah Putih berkibar di puncak Everest, gunung tertinggi di dunia yang berlokasi di kawasan Himalaya.

4. Kopassus dinobatkan Discovery Channel Military sebagai pasukan elit terbaik ketiga di dunia setelah Special Air Service (SAS) Inggris dan Mossad Israel pada tahun 2008.

5. Kopassus dinobatkan menjadi pasukan terbaik kedua di dunia dalam hal keberhasilan operasi intelijen dalam pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment, and Assault di Wina, Austria. Kopassus hanya kalah dari Delta Force AS.

“Ini menunjukkan Kopassus benar-benar pasukan elit yang diakui dunia. Tugas kita semualah sebagai rakyat Indonesia untuk terus mendukung dan menjaga Kopassus sebagai pasukan elit Indonesia yang memiliki tugas menjaga kesatuan NKRI,” kata Fadli Zon.

Menurutnya, kekurangan selalu ada dan hal itu dapat diperbaiki. Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-61 pada Kopassus. SBY meminta Kopassus terus menjaga profesionalismenya dalam berbakti kepada negara. “Teruslah menjadi satuan elit kebanggaan bangsa,” kata SBY melalui akun twitter-nya.

Secara terpisah, anggota DPR RI Priyo Budi S, menyoroti kinerja Komnas HAM yang seringkali hanya keras terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh TNI. Namun lembek terhadap pelanggaran HAM yang dilakukan oleh para preman yang meresahkan masyarakat.

Mari dukung terus Kopassus !
Related Posts :

Terimakasih atas kunjungannya,Bila anda suka dengan artikel ini silahkan JOIN TO MEMBER BLOG atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini, daftarkan email anda pada form subscribe diatas . Pergunakan vasilitas diblog ini untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah atau gunakan fasilitas yang ada diblog ini untuk menghubingi saya.

Salam Blogger.... !!! .

Me

Admin Rivai Silaban

tiem , 07.51 | 0 komentar
  • gplus
  • facebook
  • twitter
  • rss
Anda sedang membaca artikel tentang,
Deretan Prestasi Pasukan Elit Indonesia, KOPASSUS
Jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan Anda COPAS di situs anda atau sebar luaskan artikel ini, INGAT..! jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya...!!!

Ide Blogspot

+Rivai Silaban

0 komentar :

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus
2. Pastikan untuk " Berlangganan Lewat Email " untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
4. Link aktiv tidak akan berpungsi.
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
6. Untuk mengajukan pertanyaan diluar postingan diatas, silahkan klik " Forum Diskusi "
7. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik " Join to Member "
8. Komentar yang mengandung code tag HTML, konversikan terlebih dulu silahkan klik " Konversi Kode "

Konversi Kode Forum Diskusi Join to Blog